Pemilihan Ban Yang Pas Akan Membuat Tungganganmu Lebih Nyaman

perbandingan-ban-motor

Buat kamu yang menggunakan motor dalam kesehariannya pasti sudah tahu kalau ban motor adalah salah satu komponen vital dari sebuah motor, yang ada di bagian kaki-kaki dan menyokong keseluruhan beban motor. Pemilihan dan pemasangannya pun tentu tidak bisa sembarangan dan harus disesuaikan dengan ukuran velg, dan begitupun sebaliknya.

Kalau kamu mengharapkan kenyamanan pada tungganganmu apapun tipe berkendaramu, maka jangan sekali-kali sembarangan memadukan ukuran velg dan ban pada motormu. Kondisi jalanan yang tidak menentu, seperti menanjak, tikungan tajam, berlumpur dan banyak lainnya, juga menjadi faktor penentu.

Nah buat motor matic mio dengan velg standar ukuran 14 inci perlu diperhatikan kesesuaian perbandingan antara ukuran velg dan ban. Kalau ban yang dipilih tidak sesuai dengan velg, maka beban kerja roda akan terpengaruh dan motor akan gampang kehilangan keseimbangan. Untuk menghindari hal itu, kamu perlu lebih cermat untuk membaca perbandingan ukuran ban dan velg yang pas.

Ukuran ban motor matic yang ideal

Velg standar mio sendiri mempunyai ukuran 1.40 x 14 untuk roda depan dan 1.60 x 14 untuk roda belakang. Buat yang masih bingung membaca angka tersebut, 1.40 dan 1.60 berarti bibir velg mempunyai lebar 1.4 inci dan 1.6 inci atau sekitar 3,5 dan 4 sentimeter. Sedangkan 14 adalah ukuran diamater velg dalam inci.

Untuk memilih ban yang tepat, bisa melihat spesifikasi yang biasanya tertera pada dinding ban. Sebagai contoh untuk ban dengan angka 120/80 – 17, berarti ketebalan ban 120 milimeter dengan lebar tapak 80persen x 120 milimeter atau sekitar 96 milimeter dan diameter 17 inci. Ada juga spesifikasi ban yang ditulis dengan angka seperti 3.00 -18 yang berarti lebar dan tebal ban 3 inci dengan ukuran diameter 18 inci.

Untuk mio, biasanya digunakan ukuran ban standar 70/90 – 14 pada roda depan dan 80/90 – 14 pada roda depan. Kalau kamu mau menggantinya dengan ukuran yang lebih besar juga boleh. Tapi ingat hanya boleh menggunakan ban dengan ukuran ban satu tingkat di atas standar. Untuk itu, bisa dipilih ban dengan spesifikasi 80/ 90 – 14 untuk roda depan dan untuk roda belakang bisa dipilih ukuran 90/90 – 14 atau 90 / 80 – 14.

Jika memilih menggunakan ban di atas spesifikasi standar, ban akan terlihat menonjol karena bibir ban dipaksa ditarik pada pinggiran velg. Hal ini tentunya akan berbahaya terutama ketika motor digunakan untuk membelok di tikungan. Selain itu, hal ini akan membuat tapak ban tidak menempel pada aspal secara maksimal dan sangat berbahaya ketika melewati jalan bergelombang dan licin.

Lain halnya kalau ban yang kamu pililh ternyata memiliki spesifikasi di bawah standar. Kalau kamu memaksakan memasang ban dengan tapak yang lebih kecil daripada velg, maka ban akan melebar dan cenderung mengkotak. Selain dapat menyebabkan suspensi menjadi lebih keras, bibir ban juga rawan untuk lepas dari velg.

Kalaupun kamu ingin mengganti ban dengan tapak lebih lebar biar keliahatan gagah, maka mau tidak mau kamu harus mengganti velg yang mempunyai tapak lebih lebar pula. Tapi tentunya, semakin besar ban yang digunakan secara tidak langsung akan menambah beban kerja mesin dan pastinya akan membuat konsumsi bahan bakar lebih boros.

Semoga setelah membaca tulisan ini, para pengguna motor mio yang sedang ingin mengganti ban bisa terbantu.

 

Share this post