Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Beli Mobil Murah

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Anda Beli Mobil Murah

 Mobil sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Tingkat mobilitas yang tinggi, membuat para produsen di industri otomotif semakin giat membuat mobil-mobil baru dengan harga yang terjangkau kocek masyarakat luas. Sebagai kendaraan alias ‘kaki’ yang akan mengantarkan Anda beraktivitas sehari-hari, bisa dipastikan, saat tiba waktunya untuk membeli mobil baru, Anda menginginkan harga yang terbaik namun tetap terjaga kualitas kendaraan.

Nah, maka dari itu, cobalah untuk mempertimbangkan 5  hal berikut ini sebelum Anda beli mobil murah ya…

Tentukan Bujet

Datang ke show room mobil atau beli mobil murah via online, jangan bingung memilih. Pertama, Anda perlu memasang bujet anggaran untuk membeli mobil murah. Ini akan memperkecil pilihan yang ada dan memudahkan Anda untuk beli mobil murah impian yang diinginkan. Beli mobil murah tidak ada salahnya, asalkan tetap berkualitas dan bukan mobil dari pasar gelap. Namun, perlu diingat jangan terlalu rendah menentukan bujet untuk beli mobil murah. Pasalnya, ada harga ada rupa. Sedikit merogoh kocek agak dalam tidak ada salahnya, agar Anda bisa membeli mobil murah dengan kualitas yang sepadan.

Pilih Jenis Mobil

Di pasaran ada begitu banyak jenis mobil. Untuk jenis mobil berbagai kebutuhan atau Multi Purpose Vehicle (MPV) ada beberapa brand yang sudah populer di kelasnya seperti Toyota Avanza, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan masih banyak lagi. Atau jenis mobil sport yang dapat menempuh segala medan Sport Utility Vehicle (SUV) ada Toyota Fortuner, Nissan X-Trail, dan lain-lain. Di samping itu, para konsumen yang ingin beli mobil murah, kini mulai melirik jenis city car seperti Daihatsu Ayla, Toyota Agya atau Honda Brio Satya maupun Karimun Wagon R. Meskipun hanya memuat sekitar 3-4 penumpang. Tampaknya, keberadaan mobil murah yang dirancang dengan tampilan modern mampu menarik minat para pembeli. Pembeli mobil murah jenis city car umumnya para pelajar untuk aktivitas mobile ke sekolah atau ke kampus, para pekerja urban yang enggan naik moda transportasi umum, atau para ibu-ibu rumah tangga yang beraktivitas mobile hanya untuk mengantar-jemput sang buah hati di sekolah.

Cari Banyak Referensi/Info Mobil

Jangan ragu untuk mencari tahu informasi tentang mobil yang Anda inginkan. Termasuk spesifikasi mobil, bagian-bagian interior, spare part, purna jual dan sebagainya. Yang tidak kalah penting, Anda bisa mencari tahu ulasan atau review dari para pengguna mobil tersebut tentang pengalaman mengendarai mobil tersebut. Dengan beragam ulasan atau review langsung dari para konsumen atau pembeli mobil murah, maka Anda bisa mengetahui sepak-terjang performa kendaraan secara riil. Tanpa ada yang ditutup-tutupi atau sekadar janji manis dari para sales promotion girl produsen mobil.

Pilih Show Room yang Kredibel

Dari beberapa referensi atau situs-situs yang Anda jelajahi secara online, pasti sudah ada beberapa nama show room yang muncul untuk dijadikan target kunjungan ketika membeli mobil murah nanti. Pastikan Anda memilih show room yang memiliki reputasi baik, profesional dan berpengalaman. Hal ini bisa diketahui dari para konsumen yang sudah pernah dilayani sebelumnya di show room tersebut. Di samping itu, tanyakan pula tentang layanan purna jual. Anda pasti juga menginginkan adanya layanan perawatan atau servis jika kondisi mobil ada yang terganggu.

Test Drive Yuk..

Bak pepatah ‘jangan membeli kucing dalam karung’, sebelum beli mobil murah, tentunya Anda ingin mencoba langsung kualitas mobil yang diinginkan. Ajak teman atau keluarga yang sudah berpengalaman dan cakap tentang otomotif untuk mengecek kondisi fisik mobil seperti mesin-mesin atau performa.

Setelah itu, cek kondisi bagian-bagian dalam interior dengan cermat, termasuk body, atap, pintu, sistem penguncian, cat dan lain-lain. Buka bagian kap mesin mobil, dengarkan suara mesin, apabila kondisi fisik mobil masih bagus biasanya akan terdengar bunyi yang halus. Akan tetapi, jika terdengar bunyi-bunyi yang aneh atau janggal, maka kondisi fisik perlu dipertanyakan. Selanjutnya, coba menekan pedal gas, apakah asap atau gas yang terbuang lewat knalpot berwarna hitam atau tidak.

Selain itu, test drive juga wajib dilakukan untuk mengetahui sejauh mana  kenyamanan ataupun kestabilan kendaraan saat melaju di jalan. Pada awal laju, usahakan untuk berada pada kecepatan rendah, kemudian mulai menginjak pedas untuk mencoba kecepatan sedang hingga tinggi. Coba juga sistem kemudi, pada jalur yang berbelok ataupun lurus. Perhatikan pada saat jalanan tidak rata atau berlubang, apakah suspensi berfungsi baik dan memberikan kenyamanan.

Meskipun kondisi mobil masih baru atau prima, tidak ada salahnya teliti sebelum beli mobil murah. Karena pembeli adalah raja. Dan jika Anda yang tidak teliti ketika membeli, bisa dipastikan para pembeli atau Anda sendiri yang akan merugi. Selamat membeli mobil murah…(det)

Share this post